gambar

Sunday 19 April 2020

Definisi Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli dan Definisi Kualitas Pelayanan Menurut Para Ahli

- Ilmu Life -

DEFINISI MANAJEMEN PEMASARAN MENURUT PARA AHLI

Definisi manajemen pemasaran menurut Shultz dalam Alma (2014:130), adalah merencanakan, pengerahan dan pengawasan seluruh kegiatan pemasaran perusahaan ataupun bagian dari perusahaan.

Definisi manajemen pemasaran menurut Kotler (2009:9), adalah proses perencanaan dan pelaksanaan pemikiran, penetapan harga, promosi serta penyaluran gagasan, barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memenuhi tujuan-tujuan individu dan organisasi.

3 unsur penting pelaksanaan manajemen pemasaran menurut Kotler dan Keller (2009:20), diantaranya adalah orientasi pada konsumen, perencanaan kegiatan-kegiatan pemsaran secara menyeluruh dan kepuasan konsumen.
DEFINISI KUALITAS PELAYANAN MENURUT PARA AHLI
Definisi Kualitas
Definisi kualitas menurut America Society for Quality Control dalam Ratnasari dan Aksa (2011:103), adalah keseluruhan dari ciri-ciri dan karakteristik-karakteristik dari suatu produk/jasa dalam hal kemampuannya untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan yang telah ditentukan atau bersifat laten. dan dengan kata lain kualitas suatu produk atau jasa adalah sejauh mana produk/jasa memenuhi spesifikasi-spesifikasinya.

Definisi kualitas menurut Tjiptono (2011:51), adalah suatu kondisi dinamis yang berhubungan dengan produk, jasa, manusia, proses dan lingkungan yang memenuhi atau melebihi harapan.

Definisi kualitas menurut Sinambela (2010:6), adalah segala sesuatu yang mampu memenuhi keinginan atau kebutuhan pelanggan (meeting the needs of customer).

Definisi kualitas menurut ISO 8402, adalah totalitas dari karakteristik suatu produk yang menunjang kemampuannya untuk memuaskan kebutuhan yang dispesifikan atau ditetapkan.

Definisi Pelayanan
Definisi pelayanan menurut Sampara dalam Sinambela (2011:5), adalah suatu kegiatan atau urutan kegiatan yang terjadi dalam interaksi langsung antar seseorang dengan orang lain atau mesin secara fisik dan menyediakan kepuasan pelanggan.

Definisi pelayanan menurut Assauri dalam Kusdiniati (2019:18), kegiatan atau manfaat yang ditawarkan oleh suatu pihak kepada pihak lain yang pada dasarnya tidak berwujud dan tidak menghasilkan kepemilikan.

Definisi pelayanan menurut Napitupulu (2007:164), adalah serangkaian kegiatan suatu proses pemenuhan kebutuhan orang lain secara lebih memuaskan berupa produk jasa dengan sejumlah ciri seperti tidak terwujud, cepat hilang, lebih dapat dirasakan dari pada memiliki, dan pelanggan lebih dapat berpartisipasi aktif dalam proses menikmati jasa tersebut.

Definisi pelayanan menurut Mahmoeddin (2010:2), adalah suatu aktivitas atau serangkaian aktivitas yang bersifat tidak kasat mata yang terjadi sebagai akibat adanya interaksi antara konsumen dengan karyawan atau hal-hal yang disediakan oleh perusahaan pemberi pelayanan yang dimaksud untuk memecahkan permasalahan konsumen atau pelanggan.

DEFINISI KUALITAS PELAYANAN MENURUT PARA AHLI
Menurut Lovelock, Writz dan Mussry (2010:154), adalah sebagai sesuatu yang secara konsisten memenuhi atau melampauiharapan pelanggan.

Menurut Tjiptono (2011:59), adalah tingkat keunggulan yang diharapkan dan pengendalian atas tingkat keunggulan tersebut untuk memenuhi keinginan pelanggan.

Menurut Prasuraman dalam Arief (2007:118), adalah perbandingan antara layanan yang dirasakan sama atau melebihi kualitas layanan yang diharapkan, maka layanan dapat dikatakan berkualitas dan memuaskan.

Menurut Zeithamal dan Bitner dalam Arief (2007:120), adalah penyampaian jasa atau pelayanan yang baik atau sangat baik, jika dibanding dengan ekspektasi pelanggan.

Menurut Ibrahim dalam Hardiansyah (2011:40), adalah suatu kondisi dinamis yang berhubungan dengan produk, jasa, manusia, proses dan lingkungan dimana penilaian kualitasnya ditentukan pada saat terjadinya pemberian pelayanan.

Menurut Kotler yang dikutip oleh Kusdiniati (2019:20), adalah suatu cara kerja perusahaan yang berusaha mengadakan perbaikan mutu secara terus-menerus terhadap proses, produk, service yang dihasilkan perusahaan.

Daftar Pustaka
  • Alma, Buchari. 2014. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
  • Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Edisi 13. Erlangga.
  • Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Alih Bahasa Bob Sabran. Jakarta: Jilid 1 Edisi 12. Erlangga.
  • Ratnasari, Ririn Tri dan Mastuti H. Aksa. 2011. Manajemen Pemasaran Jasa. Bogor: Ghalia Indonesia.
  • Tjiptono, Fandy. 2011. Pemasaran Jasa. Malang: Bayu Media.
  • Sinambela, Lijan Poltak. 2010. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
  • Kusdiniati, Dina. 2019. Pegaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan (Suatu Studi Pada Kantor Cabang PT. Pos Indonesia (Persero) Kecamatan Manonjaya).
  • Napitupulu. 2007. Pelayanan Publik dan Customer Satisfaction. Bandung: PT. Alumni.
  • As, Mahmoeddin. 2010. Melacak Kredit Bermasalah. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
  • Lovelock, Christoper, Jochen Writz dan Jacky Mussry. 2010. Pemasaran Jasa, Manusia, Teknologi, Strategi. Jakarta: Jilid 2 Edisi Ketujuh. Erlangga.
  • Arief. 2007. Pemasaran Jasa & Kualitas Pelayanan. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
  • Hardiansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media.
  • ISO 8402 (Quality Vocabulary).

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung, silahkan tinggalkan komentarmu di sini ^_^