gambar

Thursday 16 April 2020

Definisi Manajemen Menurut Para Ahli

- Ilmu Life -


Definisi manajemen menurut Solihin (2009:4):
  1. Manajemen merupakan sebuah proses. Artinya seluruh kegiatan manajemen yang dijabarkan ke dalam empat fungsi manajemen dilakukan secara berkesinambungan dan semuanya bermuara kepada pencapaian tujuan perusahaan.
  2. Pencapaian tujuan perusahaan dilakukan melalui serangkaian aktivitas yang dikelompokan ke dalam fungsi-fungsi manajemen dan mencakup fungsi perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan serta pengendalian.
  3. Pencapaian tujuan dilakukan secara efektif dan efisien. Efektivitas menunjukkan tercapainya tujuan yang diinginkan melalui serangkaian tindakan yang dilakukan oleh perusahaan. Sedangkan efisien menunjukkan pencapaian tujuan secara optimal dengan menggunakan sumber daya yang paling minimal.
  4. Pencapaian tujuan perusahaan dilakukan dengan memanfaatkan sumber daya organisasi yang dimiliki oleh perusahaan.
Definisi manajemen menurut Rahmayanty (2010:14)
Manajemen adalah seni untuk mencapai hasil yang maksimal dengan usaha yang minimal dengan demikian pula mencapai kesejahteraan dan kebahagiaan maksimal bagi pemimpin maupun pekerja serta memberikan pelayanan yang sebaik mungkin kepada masyarakat.

Definisi manajemen menurut Terry dan Sukarna (2011:3)
Manajemen adalah pencapaian tujuan-tujuan yang telah ditetapkan melalui atau bersama-sama usaha orang lain.

Definisi manajemen menurut Hasibuan dalam Torang (2013:165)
Manajemen adalah ilmu dan seni untuk mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan tertentu.

Daftar Pustaka:
  • Solihin, Ismail. 2009. Pengantar Manajemen. Jakarta: Erlangga.
  • Rahmayanty, Nina. 2010. Manajemen Pelayanan Prima Mencegah Pembelotan dan Membangun Customer Loyalty. Yogyakarta: Graha Ilmu.
  • Sukarna. 2011. Dasar-dasar Manajemen. CV. Mandar Maju: Bandung.
  • Torang, Syamsir. 2013. Organisasi dan Manajemen (Perilaku, Struktur, Budaya & Perubahan Organisasi). Alfabeta: Bandung.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung, silahkan tinggalkan komentarmu di sini ^_^