gambar

Friday 17 April 2020

Peran dan Fungsi Manajemen menurut Para Ahli

- Ilmu Life -

Peran dan fungsi manajemen menurut Solihin (2009:4):

  1. Planning (Perencanaan), yaitu suatu proses mengembangkan tujuan-tujuan perusahaan serta memilih serangkaian tindakan (strategi) untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut.
  2. Organizing (Pengorganisasian), yaitu suatu proses dimana karyawan dan pekerjaannya saling dihubungkan untuk mencapai tujuan perusahaan. Mencakup pembagian kerja diantara kelompok dan individu serta pengkoordinasian aktivitas individu dan kelompok.
  3. Staffing (Pengisian staf), yaitu proses untuk memastikan bahwa karyawan yang kompeten dapat dipilih, dikembangkan dan diberi imbalan untuk mencapai tujuan perusahaan.
  4. Leading (Memimpin), yaitu suatu proses memotivasi individu atau kelompok dalam suatu aktivitas hubungan kerja (task related activities) agar mereka dapat bekerja dengan sukarela (voluntarily) dan harmonis dalam mencapai tujuan perusahaan.
  5. Controlling (Pengendalian), yaitu suatu proses untuk memastikan adanya kinerja yang efisien dalam pencapaian tujuan perusahaan.
Menurut George R. Terry, yang dikutip oleh Kusdiniati (2019:15)
  1. Planning (Perencanaan), merupakan fungsi yang sangat penting, bukan hanya tugas pemimpin tetapi juga harus melibatkan setiap orang yang ada dalam organisasi guna menentukan apa yang harus dikerjakan dan bagaiaman mencapainya.
  2. Organizing (Pengorganisasian), adalah keseluruhan proses pengelompokan orang-orang, alat-alat, tugas-tugas, tanggung jawab dan wewenang yang sedemikian rupa sehingga tercipta suatu organisasi yang dapat digerakan sebagai suatu kesatuan dalam rangka pencapaian yang telah ditentukan.
  3. Actuating (Pelaksanaan), adalah tindakan untuk mengusahakan agar semua anggota suka berusaha untuk mencapai saran-saran agar sesuai dengan perencanaan dan usaha-usaha organisasi.
  4. Controlling (Pengawasan), fungsi pengawasan sangat penting sebab tanpa adanya pengawasan maka fungsi-fungsi yang lain tidak akan berjalan efektif dan efisien. Pengawasan tidak hanya berlangsung pada saat pelaksanaan, tetapi juga pada saat perencanaan dan pengorganisasian. Pada dasarnya dalam fungsi pengawasan juga dapat proses evaluasi untuk menjaga agar seluruh kegiatan tidak melenceng dari tujuan yang ingin dicapai.
Daftar Pustaka:
  • Solihin, Ismail. 2009. Pengantar Manajemen. Jakarta:Erlangga
  • Kusdiniati, Dina. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan (Suatu Studi pada Kantor Cabang PT. Pos Indonesia (Persero) Kecamatan Manonjaya).

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung, silahkan tinggalkan komentarmu di sini ^_^